2.3 unity

selarik coretan ga jelas…

maryamah karpov – buku ke 4 dari tetralogi laskar pelangi

buku ini buku yang paling gw tunggu2 di tahun ini. ketika dapet kabar tentang launching buku Maryamah Karpov (MK) ini, hari jumat tanggal 28 november 2008, gw masih di banjarmasin, sedang packing untuk pulang ke jakarta. Jadi… hampir dapat dipastikan, ga bakalan gw dapetin tuh novel hari itu juga. Sampe jakarta jumat siang, karna cape gw langsung tepar dengan suksesnya. Hari sabtunya, jakarta digelayuti mendung, dan akhirnya diguyur hujan dengan lebatnya…..

Minggu. 30 November 2008
udah gw niatin banget hari itu mesti dapet MK nya. Siang setelah mencuci baju –maklum anak kos– gw langsung cabut ke ITC Fatmawati. Loh kok kesana?? –mau mampir beli hape titipan ade gw dulu:mrgreen: Selepas dari ITC, gw bingung antara mau ke CiTos atau Blok M Plaza, karena ITC itu dah di tengah2nya. Karna gw pikir gw blom pernah ke CiTos ya udah aja gw pilih ke sana, seinget gw ada Gunung Agung di sana. Tapi…. sesampainya di sana, gw kecewa. Ternyata CiTos itu bener2 cuma sebagai tempat nongkrongnya anak2 gaul jakarta selatan. Toko buku cuma ada “Aksara” dan itu pun ga ada MK nya. Nyesel juga gw ga pernah main ke sana. Bukan.. bukan karna di sini banyak ABG nya jadi bisa cuci mata😛 tapi karna gw jadi ga tau klo ternyata di sini tuh ga ada Gramedia atau Gunung Agung. Jadinya kan hari itu gw membuang waktu percuma berpanas panasan di jalanan jakarta yang akhir2 ini luar biasa panasnya –mak.. ancur!!!– Terpaksalah gw balik lagi, menuju Blok M Plaza. FYUH….

Sampe di Blok M gw bingung, mau pilih Gunung Agung di Blok M Plaza yang deketan, atau Gramedia di sebelah Blok M Square. Klo ke Gunung Agung, takutnya ga ada lagi. Tapi dah kadung cape gw, jadi aja gw belok masuk ke Blok M Plaza… cesss…. adeeem…. hahaha…. Dan alhamdulillah.. bukunya ada, bertumpuk2 di sana, setebal 500an halaman, seharga 79.000, ga kurang ga lebih.

Lah,, ko panjang bener ya ceritanya:mrgreen:
oke, langsung aja deh …. jadi,, sesampai di rumah, jam 5 an. Gw langsung buka tuh buku, sambil tiduran di atas kasur warna ijo –ga penting irrr– dan langsung larut baca tuh buku sampe jam 2 malem. Ga rela gw pisah sedetik pun dengan tuh buku –kecuali untuk mandi dan kegiatan wajib lainnya– bahkan makan pun ngga😀
buat yang blom baca,, dianjurkan banget untuk baca, terutama yang ngikutin jalan cerita ikal, dan arai di buku2 setelah buku pertama. Di buku ke empat ini, terjawab sudah mengenai A-Ling, bagaimana kehidupan Lintang, nasib cinta Arai dan Zakiah, dan anak2 anggota LP yang lain. Ada reuni mengharukan anggota LP di bekas SD mereka, dan seperti biasa, penggambaran ikal atas kondisi sekelilingnya lucu, sekaligus indah.

Ngebaca buku ini bikin gw jadi makin yakin, klo buku ini adalah hasil percampuran antara kisah nyata dan bumbu cerita –mnurut gw yah, ga tau benernya gimana– cuma gw masih tetep blom tau mana yang bener2 terjadi mana yang ngga. Soalnya di novel ini digambarkan dari mulai cerita yang masuk akal, sampe ke kejadian yang sangat susah dicerna akal sehat. Di buku ini juga, gw dapet satu cerita yang sepadan dengan kelucuan “cerita pembalasan Tuhan atas kebiasaan buruk Arai ketika mengamini bacaan al-Fatihah kala sholat berjamaah” di dalam buku Edensor. Cuma… satu yang bikin gw heran, knapa judulnya Maryamah Karpov??? padahal cerita tentang cik Maryamah ini cuman dikit. BANGET!! tadinya kirain buku ini akan mengisahkan perjalanan ikal dan arai di Rusia:mrgreen:

udah ah, jangan kepanjangan bocorinnya, ntar jadi ga seru lagi. Biar pada baca sendiri aja, dan silakan senyum2 sendiri, ngakak, atau bahkan sedih waktu baca ni buku. Makasih bang Andrea atas diterbitkannya buku ini, tetep buku2nya bang andrea mampu memberi semangat baru di saat gw dah hampir kehilangan semangat untuk mengejar cita2, dan sanggup mengajak kita untuk bersyukur dengan keadaan kita sekarang.
ciao…….

 

tambahan : Maryamah Karpov yang diterbitin ini ada judul kecil di atasnya “mimpi-mimpi Lintang” –klo dah baca pasti tau maksudnya, dan mungkin akan meleset jauh dari perkiraan– dan katanya karena MK ini lebih dari 600 halaman, maka kabar2nya oleh bang andrea mau di split jadi dua buku, makanya trus muncul MK – mimpi mimpi lintang. Tapi yang jadi pertanyaan gw??? beneran mau di split kah?? soalnya buku MK – mml itu sendiri 500an halaman, dan hampir seluruh pertanyaan sudah terjawab. SO???? tunggu saja kabar berikutnya:mrgreen:

*sorry skarang jarang update, selain kurang mood, juga karna koneksinya susah banget masuk wordpress* see you later……

Single Post Navigation

13 thoughts on “maryamah karpov – buku ke 4 dari tetralogi laskar pelangi

  1. kalo menurut gw mah, udah ga penting mana yang non fiksi dan mana yang fiksi, sejauh itu mampu membuat kita ikut berlayar bersma-sama dengan mimpi-mimpi lintang, gw pikir ga masalah…hehe

    *irrr : gw gamau ah berlayar dengan mimpi2 lintang…. masih pengen idup gw😀

  2. AKHIRNYA DATANG JUGA!!

    *irrr : besok klo ke bandung beli yah dien😀

  3. belum baca mpek selese nie..jadi blum ketauan de mimpi3 lintang nya…

    *irrr : klo dah baca pasti ga nyangka klo ternyata mimpi mimpi lintang itu…. *oopss*

  4. Setuju banget dengan pendapat Ade.
    Tos, De.

    hahha. Gw lebih beruntung Irrr, gw dapet buku itu dihari pertama peluncurannya di MP Bookpoint Cipete.
    Dapat tandatangan dan ketemu langsung lagi, dengan si Ikal.

    *irrr : wahaa,, selamet deh ring… gw cape banget baru pulang dari banjar, jadi males aja kesana2

  5. koneksian lagi susah ya Ir. sini juga. bete deh. napa ya?
    gue belom baca tuh yg terakhir. jd pengen baca deh.

    *irrr : ia nih nie…. bete gw.
    baca nie, seru looh…

  6. kl dr cerita lo sih, keknya sang pemimpi masih tak terkalahkan. tp nt coba gw bandingin.

    pinjem bukunya, ir…

    hwahaha

    (^_^)v

    *irrr : maybe ris…. tapi enak aja lo minjem, beli😛
    hahaha

  7. maksudnya ntu ..
    MK lom rampung gtu ??
    pdahal smpe stu aja uda bgus lho ..
    py .. lo mau lanjut,,
    kasi dah ..
    pengen tau jga .
    hehe

  8. gw baru baca separo….
    kayaknya karena sekarang gw tau nggak semua bukunya true story, pas gw baca gw nggak terpesona seperti ketika baca laskar pelangi…

    tapi tetep, buku2nya semua berhasil ngingetin kita untuk nggak pernah menyerah sama keadaan…
    pretty inspiring though…

    lu jarang update bukan karena susah masuk wordpress irrr, gw masuk2 aja kok, tapi mungkin karena lebih asik ngeplurk
    hihhihihih

    pisss

  9. RaDiT_jkT on said:

    saLuT bgD bwt mas andrea,
    empat jempol dan sembah takjub, bwT mas,. haLaH2x..
    ‘cinta emg haruz dperjuangkan ya mas..’

    gw yakin thiz’s tRue story,
    dan gw jg brani bertaruhn ; akan menangkap semua durian jatuh pada musim hujan, memakai helm kmnpun selama setahun, menelan 3 bola pimpong, sampe makan 2kg cabe rawit dlm waktu 15menit tanpa air,, kalau cerita itu bohong..!!!!!!!
    ada yang berani bertaruh, bwt org yg gk yakin??

    btw, endingnya emg gantung..
    tpi klo menelaah dari judul ‘maryamah karpov’
    ikal pasti menikah dgn anknya ibu maryamah (pemilik warung kopi usah kau kenang lagi) yang bernama nurrni (klo gk slh,!?) yg jago main biola..
    coz yg namanya judul, pzti dbwt dengan meaning sumting.. (yg mana ending dbwt gantung, spy kita mencerna hub. judul dgn isi buku). setuju,!
    atw ada yg mau bertaruh,,??
    antara A Ling dgn MaRni?? (haYo,!!)

    gw yakin ikal psti nurut sama sang ayah (’paling nomer satu sedunia’, kata ikal). coz, iman sgat tdk bs diganggu gugat, scra ikal lulusan SDN muhammadiah gantong..

  10. missiiii,
    numpan’ komen ,
    stlh aq baca maryamah karpov, kq jd sangsi saat bagian kapal & brlayar?
    trs a ling & lintang kmn y skrg?

  11. tapi gw ttp salut banget sama andrea,
    baru ini novel indonesia yg bnr2 memikat gw, semua dalam buku itU seakan2 memiliki kekuatan yg membuat gw merasakan keindahan dlm setiap kalimatnya,

  12. judulny kurang mencerminkan isi cerita bukunya..

    menurut saya loh..

  13. Tapi terakhirnya tuh si ikal jadi sama si aling ngga sih? kan ayahnya ngga setuju! gimana?
    atau jangan2 kawin lari?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: