2.3 unity

selarik coretan ga jelas…

GBR,UK dan england

tau kan bendera manakah itu???
adakah yang nebak klo itu adalah bendera negara inggris alias england???
klo ada yang nebak kyk gitu, berarti sama ma tebakan gw beberapa jam yang lalu.:mrgreen:
yang bener itu adalah bendera United Kingdom.

Tulisan ini berawal dari penasarannya gw sama sebutan untuk negara inggris yang ada 3 macem, yaitu : United Kingdom, Great Britain, dan England. Berawal dari itulah gw coba tanya di suatu forum dan dapet sebuah link berikut. Dari situlah gw mengerti apa yang dimaksud dengan GBR, UK dan England. Gw coba gambarin aja yah, apa yang gw tangkep dari situs tersebut.

Kita mulai dari Great Britain (GBR). GBR itu adalah sebutan untuk kesatuan dari England, Scotland, dan wales.  Dengan wilayah terluas adalah untuk England.

United Kingdom (UK). atau lengkapnya United Kingdom of Great Britain and Ireland. United Kingdom adalah kerajaan yang menaungi 4 negara di kepulauan Britania, yaitu 3 negara GBR di atas, ditambah dengan Irlandia (northern Ireland).

England. England atau inggris dalam bahasa indonesia adalah salah satu negara yang ada di dalam UK. Seringkali kita salah dalam menyebut England untuk menyebut keseluruhan dari UK. Bahkan di situs yang gw kunjungi tadi disebutkan bahwa sering terjadi salah sebut seperti itu.
Berikut diberikan beberapa alasan yang kemungkinan menyebabkan mengapa ebutan England lah yang mendominasi di UK ini.

1. London, ibukota dari England merupakan kota terbesar di UK dan letak dari pusat pemerintahan di UK.
2. bahasa inggris (english), merupakan bahasa orang England dan bahasa resmi UK. wales dan scotland punya bahasa mereka sendiri sebenarnya.
3. Anggota kerajaan tinggal di England.
4. kebanyakan orang berasumsi bahwa orang british adalah dari english (mungkin dalam hal ini suku), padahal TIDAK. ada scotish, welsh dan Irish –klo buat gw sih sama aja, mereka mirip2–😛

Nah, skarang benderanya. Bendera dari UK itu adalah Union Jack. Gabungan dari 3 bendera, yaitu bendera England, Scotland, dan Northern Ireland. nih, step by step penggabungannya.

nah, dah tau kan knapa kliatannya bendera Union Jack itu kliatan cacat, karena garis merah yang kecilnya ga tepat di tengah2 garis silang putih. Gw dulu nyangkanya Union Jack itu adalah bendera Inggris:mrgreen:

cuma gw masih bingung, pemakaian UK atau GBR atau england itu bagaimana. Seperti contohnya klo di World Cup itu kan setiap negara maju sendiri2, baik england, scotland, wales atau northern ireland. sedangkan klo di A1GP, klo ga salah yang dipake tuh nama GBR. Lalu di PBB yang mewakili itu England nya atau UK nya, gw juga masih blom ngerti konsepnya seperti apa. Ada yang bisa bantu gw jelasin???😉

barusan dapet link dari farijs. ini nih link punyanya om priyadi. di situ dah lengkap kap kap semuanya. thanks farijs dan om pri. skarang dah ga bingung lagi😀

Single Post Navigation

34 thoughts on “GBR,UK dan england

  1. gw kira itu bendera inggris.. kan taunya begitu.. ternyata bukan..😀

    *irrr : ada temennya satu😀

  2. coba baca ini, ir:

    Inggris yang Membingungkan

    emang bikin bingung, sih. hwehehe….

    kan dibilang:
    * Great Britain: Pulau Britania Raya
    * United Kingdom: Britania Raya
    * England: Inggris
    * Northern Ireland: Irlandia Utara
    * Scotland: Skotlandia
    * Wales: Wales
    * Republic of Ireland: Republik Irlandia

    kalo menurutku, United Kingdom diterjemahkan menjadi Inggris Raya saja.

    (^_^)v

    *irrr : klo diterjemahin Inggris raya aja, nantinya kasian orang scotland dan lain2 dong ris, masih tetep aja bawa2 nama inggris. Tapi klo diterjemahin Kerajaan Britania Bersatu jadinya aneh.
    Mungkin lebih tepatnya Kerajaan Inggris Raya kali yah ris??? biar beda ma negara Inggris😀

  3. OOOoooo BeGitCyu Tocchhh… Pura2 ngerti…

    *irrr : hahaha… pokoknya gitu lahh😀

  4. wah, bener juga, ir. Kerajaan Inggris Raya.

    tapi…kepanjangan, je. belibet. yah, yaudah, kita samaratakan saja. lebih ringkas, lebih simpel. hweheyehe…. INGGRIS!

    (^_^)v

  5. Ya..ya.. Jadi paham sekarang.😀

  6. oOo,,…begindang,…baru tahu nih,,…

    thank,..

  7. serius deh, mereka semua membingungkan sumpah.. haha.

  8. uehuehueheuhe

    emang yah ko repot repot bener musti jadi begini…

    ah tapi biarlah oh biarlah…

    negara orang ini😀

  9. haiyaaaah
    jd yg benernya apaan toh ir???

    great britain aje kali yeee???😉

  10. Wah…, info seperti ini aku malah baru tau. Untung aja mampir kesini.
    Makasih ya…

  11. saya tau itu bendera UK, tapi saya gak tau klo asal bendera itu dari bendera-bendera lain…

    ya….ya…

  12. pantesan mirip mirip. huehehhhehehee..
    baru tau saya….

  13. indocoolz on said:


    AYO LAH KITA MERAMEKAN KOMUNITAS “Axxyc.com”

    (Komunitas Indo, ngak perlu register)

  14. haduh,masih bingung saya irrrr..😀

  15. hmmm….
    *manggut2…

    hmmmm…
    *masih manggut2…

    heheh

  16. halah.. sibuk uyy gak bisa mikir masalah nagara skrg mah, teuing ah lieur weh =p

  17. Ping-balik: ketak-ketik kibord » Tim Sepakbola Inggris Tak Akan Pernah Jadi Juara Olimpiade

  18. kalo bendera indonesia, polandia dibalik :p

  19. Elys Welt on said:

    baru tahu nih🙂

  20. klo bendera indonesia gimana??

  21. Weks aku baru tahu…lam kenal taxman…

  22. wah lagi tau… aku ada temen tapi dia ndiri kalo ditanya org mana jawabnya UK… trus ditanya tinggal dimana jawabnya London… lhah… keknya sih orang Inggris sendiri juga salah kaprah begichuh…:mrgreen: apa musti aku jelasin ini ke dia ya😛 *sok tau banget tapinya*

  23. hmmmm

    dari dulu gw selalu penasaran kenapa ada bendera union jack, sementara kalo di pertandingan2 pake bendera yang angleterre…

    makasih irrrr

  24. hoo….Ndutz dl jg s4 binun pas Tim Thomas Inggris pake kostum yg benderanyah kek Swiss, tp berkat Irrr, mua uda kejawab 😛

  25. bisa daftar ga anak di luar DJP?😛

  26. klo gw sech yg bginian dah tau dari dulu, trutama sejak World Cup ’98. Cuma yg informasi bru bwat gw mngkin asal-usul benderanya tu ya_

  27. per yang ko merepek??????

    ko nih sajer nk malukan malysia ker????

    buat blog nak malukan negara yang tercinta aq nih!!!

    • errr….maaf pakcik, bagian mana dari tulisan ini yang malukan negara anda tercinta tu???

      *anda yang mempermalukan diri anda sendiri. kalo mo block ya silakan, ga ada ruginya buat saya* orang saya ngeblog buat nuangin uneg2 kok, bukan buat nulis apa yang orang lain suka *ckckckck…..*

  28. bangang skang nih aq nak block ko punyer blog

  29. nyimak aja deh… soal nya awal nya gua bingung soal bendera..
    tapi skarang gak bingung lagi ..
    heheh

  30. Jadi tau deh sekarang,,, thnx bro…

  31. masih bingung gan_♡♡♡♡♥♥♥ ~_~

  32. makasih untuk pencerahanny gan…jelas sekali sekarang

Tinggalkan Balasan

